Matcha yang diproduksi oleh ITO EN terbuat dari bahan alami.

Cara Memilih dan Menyimpan Matcha dengan Benar

Sebagian dari ITOFriend pasti ada yang sudah kenal dengan minuman berwarna hijau susu bernama matcha. Beberapa waktu terakhir ini, Matcha menjadi minuman andalan di resto dan cafe. Kendati harganya relatif mahal, namun karena rasanya yang enak Matcha selalu jadi menu minuman favorit bagi banyak orang.

Matcha sendiri merupakan wujud lain dari teh hijau. Matcha adalah daun teh hijau yang digiling sampai sangat halus. Untuk mencapai kualitas yang baik, Matcha melewati proses yang rumit dan memakan waktu yang lama. Proses yang sulit ini membuat Matcha jadi sangat bernilai.

ITOFriENd harus berhati-hati saat memilih bubuk hijau Matcha yang sedang naik daun ini. Tidak sedikit perusahaan food technology berlomba membuat Matcha instant atau perisa Matcha cepat santap. Artinya, matcha tersebut tidaklah terbuat dari teh hijau murni. Seperti produk makanan dan minuman lainnya, Matcha murni memiliki standar kualitas yang berbeda. Ada beberapa kategori di bawah yang bisa ITOFriENd pelajari agar tidak keliru saat ingin menikmati Matcha yang sesungguhnya.

Warna
Matcha yang asli dan berkualitas tinggi memiliki warna yang sangat terang dan cerah. Warna hijau segar menandakan Matcha tersebut memiliki standar yang sangat baik. Selain itu warna hijau cerah juga menandakan bahwa batang dan tulang taun sudah dibersihkan dan tidak tercampur dalam proses penggilingan. Matcha yang berkualitas tinggi hanya memakai bagian daun saja. Matcha yang diproduksi oleh ITO EN terbuat dari bahan alami.

Aroma
Matcha yang baru dan fresh memiliki aroma yang segar. Saat dihirup, ITOFriENd dapat merasakan aroma seperti sayur segar, aroma manis dan tidak berbau apek.

Rasa
Rasa yang enak pastinya menandakan Matcha yang baik. Terdapat rasa umami yang kuat, kental, manis, tidak pahit dan tidak terdapat rasa yang kecut di dalamnya. ITOfriENd wajib mencurigai jika terdapat rasa yang aneh dan tidak biasa.

Baca Juga  Sejarah dan Budaya Minum Teh

Tekstur
Matcha sendiri memiliki beberapa grade. Mulai dari grade tertinggi yang umumnya digunakan untuk upacara minum teh dan tingkatan berikutnya yang sering dipakai untuk makanan olahan di bidang culinary. Dari kategori tersebut, ITOfriENd dapat membedakan kualitas Matcha dari tekstur bubuk pada saat menyentuhnya.

Cara mengujinya adalah dengan cara membubuhkan bubuk Matcha di atas kertas bersih, lalu tekan tumpukan bubuk matcha dengan jari dan kuaskan pada kertas tersebut. Matcha yang berkualitas baik memiliki tekstur seperti cream wajah yaitu terasa tebal namun lembut. Selain itu Matcha yang berkualitas baik, akan terasa kering dan halus.

Penampakan setelah Diseduh
Bubuk teh hijau yang berkualitas tentunya memiliki warna hijau segar saat diseduh. Warna hijau terang nampak rata dan pastinya tidak keruh atau berwarna kecoklatan.

Matcha dengan kualitas baik menghasilkan seduhan dan warna yang menarik

Untuk ITOfriENd yang ingin membeli matcha, wajib tahu beberapa hal mengenai penyimpanannya. Matcha yang baik perlu perhatian khusus seperti:
● tempat yang kering dan sejuk
● tempat yang gelap (tidak terkena sinar matahari langsung)
● tidak terpapar udara

Lemari pendingin bisa menjadi pilihan yang tepat jika ITOfriENd tidak rutin dalam mengonsumsi bubuk Matcha, karena suhu tinggi, cahaya matahari dan oksigen merupakan musuh terbesar bubuk Matcha. Paparan suhu tinggi dan cahaya matahari mempercepat proses perubahan warna matcha dari hijau segar menjadi ke warna kekuningan. Sedangkan kehadiran oksigen akan mengoksidasi matcha sehingga menyebabkan aroma dan rasanya berubah secara perlahan.

Nah, bagi ITOfriENd yang ingin mencicipi kualitas Matcha yang baik seperti di Jepang, kalian dapat mencicipi bubuk Matcha yang diproduksi oleh ITO EN Jepang dan diimpor oleh ITO EN Indonesia. Tidak perlu diragukan lagi, 5 kualitas di atas sudah terbukti ada di dalamnya. Selamat mencoba!

Baca Juga  Shiwasu, Nama Lain Bulan Desember Sekaligus Bulan Paling Sibuk di Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *