Panas Ekstrim di Asia Tenggara, Apa Dampaknya untuk Kesehatan?

Wilayah Asia Tenggara kerap kali mengalami gelombang panas atau heatwave yang berdampak signifikan terhadap kehidupan sehari-hari. Heatwave adalah periode cuaca panas ekstrem yang berlangsung dalam beberapa lama. Selain itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika telah menjelaskan penyebab heatwave yang terjadi di Indonesia antara lain gerak semu matahari, anomali iklim dan El Nino, dan perubahan iklim global. Dampaknya tidak hanya dirasakan pada lingkungan tetapi juga memiliki dampak serius bagi kesehatan. Apa saja ya?

Suhu yang tinggi menyebabkan peningkatan keringat sebagai mekanisme tubuh untuk mendinginkan diri. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan, jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, dehidrasi bisa terjadi. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, kebingungan, kelelahan, dan dalam kasus parah, kegagalan organ. Selain itu, suhu yang ekstrem dapat memperburuk gejala dan komplikasi dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, atau gangguan pernapasan, yang sangat rentan terhadap dampak heatwave

Ketika suhu meningkat, tubuh kita kehilangan banyak cairan melalui keringat. Penting untuk minum air secara teratur, bahkan jika tidak merasa haus. Mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit juga bisa membantu menggantikan garam dan mineral yang hilang. Selain itu, hindari minuman berkafein atau beralkohol karena bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, ITO EN Barley Tea juga bisa jadi pilihan yang pas karena segar, menghilangkan haus lebih cepat, dan yang penting bebas kafein serta unsweetened dan zero calories.

Kamu juga bisa menggunakan pakaian yang ringan, longgar, dan berwarna terang. Bahan seperti katun memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik, membantu tubuh tetap dingin. Menggunakan topi dan kacamata hitam juga bisa melindungi dari sinar matahari langsung. Di siang hari, sebaiknya menghindari aktivitas di luar ruangan. Jika perlu berada di luar, carilah tempat yang teduh dan sering-sering beristirahat karena aktivitas fisik yang berat dapat meningkatkan suhu tubuh secara berbahaya selama gelombang panas.

Baca Juga  4 Festival di Jepang yang Populer dan Wajib Kamu Ikuti

Heatwave di Asia Tenggara merupakan isu serius bagi kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, upaya pencegahan dan penanganan yang melibatkan berbagai pihak sangat penting untuk mengurangi dampak negatifnya. Jaga diri kamu dan orang-orang tersayang saat heatwave melanda, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *