Manfaat Barley Tea Bagi Kesehatan

Barley mungkin masih sedikit asing di telinga ITOfriENd. Barley lebih sering dikenal dengan sebutan jelai atau jali oleh masyarakat Indonesia. Ia masuk dalam suku padi-padian (Poaceae). Di Indonesia, barley sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat roti, kue bahan diolah menjadi sereal, sup, bir dan makanan pencuci mulut.

Di negara lain seperti Jepang dan Korea, barley dijadikan minuman teh sejak berabad-abad lalu. Kalau kalian ke restoran Korea di Indonesia, kemungkinan besar kalian akan disuguhi minuman teh barley (boricha dalam bahasa Korea).

Di Jepang sendiri, minuman ini sudah dikenal sejak jaman Heian (794-1185) bahkan sebelum bangsa itu mengenal teh hijau, walau pada waktu itu hanya terbatas di kalangan para bangsawan dan pemimpin militer saja. Mereka menyebutnya minuman “mugi-kogashi” (麦焦がし; scorched barley atau jelai gosong). Pada waktu itu mereka membuat minuman itu dengan mencampurkan tepung barley kering yang disangrai dan gula ke dalam air panas atau minuman alkohol. Teh Barley menjadi semakin populer sejak jaman Edo (1603-1868) di kalangan penduduk kota di Jepang. Saat itu mulai bermunculan “barley tea shops (Mugiyu-ten; 麦湯店)” dan dari kanji ‘yu’ 湯 ini kita tahu bahwa saat itu teh barley diminum panas/hangat.

Pada jaman Meiji (1868-1912), teh barley menjadi makin terkenal sebagai minuman di rumah tangga maupun di kafe. Puncaknya terjadi di tahun 1963, 1 tahun sebelum Tokyo Olympics yang pertama, di mana pertama kali teh barley di Jepang diluncurkan dalam bentuk tea bag (teh celup). Produk baru ini meringkas proses penyeduhan teh barley menjadi lebih mudah dan praktis, ditambah pada saat itu kulkas juga mulai digunakan di rumah-rumah. 2 hal ini menjadi katalis percepatan kepopuleran minuman teh barley dingin di negara itu. Kebiasaan tersebut berlanjut sampai sekarang. Masyarakat Jepang modern masih menyeduh teh barley dari tea bag (teh celup) ke dalam air panas dan menyimpannya ke dalam kulkas. Dari anak-anak hingga orang tua, mereka semua gemar minum teh barley karena selain rasanya yang enak dan unik, teh barley juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pertama, teh barley bebas kafein (zero caffeine) sehingga aman bagi segala kalangan usia termasuk ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak. Yang kedua, teh barley mempunyai efek penghilang dahaga yang baik, sehingga tidak heran minuman ini dikenal sebagai minuman di musim panas.

Baca Juga  Tips Mudik Sehat Ala ITO EN

Selain efek penghilang dahaga yang bagus (cocok buat negara tropis seperti Indonesia), teh barley memiliki manfaat berikut bagi kesehatan kita:

Memperlancar peredaran darah
Salah satu komponen penting dalam teh barley yang disebut Alkylpyrazine ternyata berkhasiat memperlancar aliran darah. Komponen ini yang juga memberikan karakterisitik harumnya aroma barley sangrai. Telah dilakukan penelitian terhadap 2 kelompok peserta penelitian, dimana kelompok pertama diberikan minum air putih dan kelompok satu lagi diberi teh barley. Hasil penelitian ini menunjukkan kelompok yang diberi air putih tidak menunjukkan perubahan aliran darah, sedangkan kelompok yang minum teh barley menunjukkan adanya perbaikan aliran darah sampai 60 menit lamanya. Bagi mereka yang sering berkeringat karena panasnya hawa, iklim atau musim panas (bila di luar negeri), maka mengatasi dehidrasi tubuh dengan minum teh barley adalah cara yang baik. Ketiadaan kafein di teh barley juga berarti teh barley TIDAK memiliki efek diuretik juga.

Mengandung Antioksidan
Teh barley juga mengandung beberapa senyawa berguna seperti catechol, gallic acid dan gentisic acid. Mereka senyawa polifenol yang berkhasiat baik untuk tubuh dengan efek antioksidan. Hasil penelitian lebih lanjut dari gentisic acid bahkan menunjukkan adanya efek antiinflamasi, antimicrobial, serta antioksidan yang melindungi gen, hati dan syaraf tubuh dari serangan radikal bebas.

Melindungi lambung
Ketika perut kalian sakit atau perih akibat makan yang pedas-pedas atau makanan kuat lainnya (atau bisa jadi minuman alkohol di saat perut kosong), kandungan allantoin di dalam teh barley mampu melindungi lapisan membran lambung sehingga mempercepat penyembuhan inflamasi di daerah sana.

ITOfriENd yang ingin menikmati teh barley di Indonesia, tidak perlu jauh-jauh ke Jepang atau Korea. Kini kalian bisa menikmati dengan mudah tanpa juga harus repot menyeduh dan menyiapkan sendiri. Silakan coba Unsweetened Barley Tea dari ITO EN berukuran 500 ml yang bisa didapatkan di Supermarket atau E-commerce kesayanganmu. Unsweetened Barley Tea ITO EN adalah teh barley bergaya Jepang, diproses secara hiegenis dengan teknologi aseptic filling untuk menjaga keutuhan aroma dan citarasa dari bahan baku alamiah biji barley pilihan yang dipanggang dua kali. ITO EN sebagai ahli racik-meracik teh tawar yang nikmat dan menyegarkan, menerapkan keahliannya ini untuk meracik teh barley ini yang akan membuat kalian ketagihan dengan rasa dan aromanya.

Baca Juga  Mengenal Haha no Hi, Peringatan Hari Ibunya Bangsa Jepang

Ayo buktikan sendiri kenikmatan serta khasiatnya! Jangan lupa share pengalamanmu di media sosial dengan hashtag #GantiLebihSehat bersama ITO EN Indonesia 🙂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *