pexels.com

5 Makanan Unik Kekinian yang Terbuat dari Matcha

Sejak beberapa tahun terakhir, popularitas matcha terus tumbuh dan menyebar ke seluruh dunia. Matcha tidak lagi sekadar menjadi minuman untuk menemani acara minum teh khas Jepang, cha no yu. Olahan matcha pun kini semakin beragam. Selain diolah sebagai minuman kekinian, matcha juga banyak diolah menjadi makanan kekinian yang menggiurkan.

Dari beberapa olahan makanan yang terbuat dari matcha, beberapa di antaranya punya konsep yang sedikit berbeda dari olahan matcha pada umumnya. Berikut 5 makanan unik kekinian yang dibuat dari matcha.

1. Mie Hijau

idntimes.com

Kalau biasanya mie hijau dibuat dari bayam atau sawi, beda halnya dengan mie hijau yang satu ini. Kreativitas manusia yang seakan tak memiliki batas menunjukkan kalau matcha ternyata juga bisa diolah menjadi mie hijau yang lezat.

Mirip seperti mie hijau yang terbuat dari bayam atau sawi, mie hijau yang terbuat dari matcha juga memiliki warna hijau yang unik dan menggugah selera. Selain punya tampilan yang menarik, mie hijau matcha juga punya banyak khasiat yang tidak kalah dengan mie hijau biasa.

2. Nasi Goreng Hijau

idntimes.com

Olahan makanan yang satu ini mungkin tidak pernah terbayangkan oleh sebagian besar orang. Nasi goreng yang biasanya kental dengan warna merah atau hitam ala kecap kini, justru tampil dengan warna hijau yang cukup mencolok.

Nasi goreng hijau ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan matcha atau teh hijau. Campuran inilah yang membuatnya punya tampilan yang tidak biasa. Agar lebih menggugah selera, nasi goreng hijau diberi tambahan ayam suwir, sayuran dan telur.

3. Tempe Manis Matcha

idntimes.com

Biasanya matcha lebih sering digunakan sebagai bahan campuran minuman atau makanan manis. Tapi apa jadinya kalau matcha dicampur dengan tempe?

Baca Juga  5 Manfaat Mengurangi Konsumsi Minuman Manis, Ternyata Dahsyat!

Tempe yang satu ini memang punya tampilan dan rasa yang tidak biasa. Alih-alih punya rasa gurih dan asin, tempe ini justru punya rasa yang manis. Jadi kalau Anda ingin mencoba olahan tempe yang berbeda, Anda bisa mencoba olahan tempe yang satu ini.

4. Martabak Manis Matcha

idntimes.com

Saat ini memang ada banyak olahan martabak manis yang punya rasa dan tampilan yang unik. Selain martabak original, ada juga martabak red velvet dan pandan. Namun beda dari martabak manis kekinian pada umumnya, martabak manis yang satu ini dibuat dari bahan matcha.

Matcha digunakan sebagai bahan campuran untuk menambah warna pada adonan martabak. Jadi kalau martabak original punya warna kuning, martabak manis yang satu ini punya warna hijau yang unik sekaligus menggugah selera. Karena ada campuran matcha di dalamnya, aroma martabak juga jadi lebih harum.

5. Matcha Macarons

liputan6.com

Makanan fusion kini memang banyak bertebaran. Tapi apa jadinya kalau macarons dicampur dengan matcha? Inilah hasil inovasi makanan kekinian matcha macarons.

Macarons merupakan biskuit bulat kecil dengan kulit renyah dan isian krim yang lumer dan lembut. Biskuit ini dibuat dari putih telur, gula rafinasi, tepung gula dan tepung almon. Meski kini macarons bisa ditemukan di mana-mana, biskuit ini sebenarnya berasal dari Prancis.

Selain tampil mencolok dengan warna hijau yang menarik, macarons yang satu ini juga punya cita rasa yang sedikit berbeda dari macarons pada umumnya. Rasanya lebih fresh dengan aroma khas matcha. Jadi selain menarik secara tampilan, aromanya juga menggugah selera.

Selain punya cita rasa yang nikmat, makanan olahan di atas juga punya khasiat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Campuran matcha di dalamnya membuat makanan di atas mewarisi manfaat kesehatan yang biasa dijumpai pada matcha. Misalnya saja seperti manfaat antioksidannya yang dapat membantu memerangi efek radikal bebas. Hidup lebih sehat tanpa harus mengurangi rasa nikmat, kenapa tidak kita coba?

Baca Juga  Manfaat Yoga untuk Fleksibilitas dan kekuatan otot

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *