kalori teh tawar

Berapa Kalori Teh Tawar? Saatnya Coba Teh tanpa Gula 0 Kalori

Teh tawar merupakan minuman yang diseduh dari daun teh Camellia sinensis, yang biasa disajikan tanpa gula atau tambahan pemanis apa pun. Seiring meningkatnya kesadaran tentang gaya hidup sehat, teh tanpa gula ini semakin populer sebagai salah satu opsi minuman sehari-hari oleh masyarakat modern. Jadi, berapa kalori teh tawar sehingga bisa terbilang sebagai minuman rendah kalori? Amankah teh tanpa gula ini diminum setiap hari? Yuk, temukan jawabannya di sini!

Berapa Kalori Teh Tawar? Benarkah 0 Kalori?

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda tergantung pada faktor seperti jenis kelamin, tinggi dan berat badan, usia, serta tingkat metabolisme. Umumnya, pria dewasa memerlukan sekitar 2.000 – 2.650 kkal per hari, sementara wanita dewasa membutuhkan sekitar 1.800 – 2.250 kkal per hari. Batasan tersebut tentu perlu menjadi acuan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak terkena efek samping dari kelebihan kalori harian.

Jumlah kalori teh tawar sendiri sangat rendah. Misalnya, teh hijau seduh yang dibuat dari daun teh tanpa tambahan gula atau pemanis buatan, hampir tidak mengandung kalori (0 calories).

Sementara dalam secangkir teh hitam tawar (± 240 ml) terkandung kalori yang tidak signifikan (nyaris 0). Jumlah kalori yang rendah ini membuat teh tawar menjadi pilihan ideal untuk diet dan gaya hidup sehat.

Selain tidak mengandung kalori, teh tawar juga mengandung senyawa alami seperti katekin, theanin, dan kafein. Katekin adalah sumber antioksidan[MKT1] , sementara itu theanin memunculkan efek relaksasi, membantu mengurangi stres dan memperbaiki kualitas tidur, sedangkan kafein meningkatkan fokus dan produktivitas. Mengonsumsi teh tanpa gula memastikan manfaat nutrisi tersebut tetap maksimal, karena tambahan bahan lain seperti gula atau pemanis buatan bisa memicu asupan kalori berlebih bagi tubuh kita.

Baca Juga  Hidup Lebih Sehat: Langkah Sederhana Mengurangi Gula dalam Kehidupan Sehari-hari

Oleh karena itu, penting untuk selalu memilih teh tanpa penambahan gula, pemanis buatan, perisa, atau zat aditif lainnya. Pilihlah teh tawar yang unsweetened and zero calories untuk mendapatkan manfaat maksimal dan menjaga pola hidup sehat.

Berapa Kalori Teh Manis?

Jumlah kalori pada teh manis bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis pemanis (seperti gula pasir, madu, gula aren merah, dll.) yang digunakan dan takaran jumlahnya. Berikut ini sekilas gambaran kalori untuk masing-masing pemanis, menurut fatsecret:

  •     Gula pasir : Takaran gula pasir sebanyak  1 sdt (sendok teh) mengandung sekitar 38716 kkal per 100gram.
  •     Madu : mengandung sekitar 304 kkal per 100gram Takaran madu 1 sdm (sendok makan) mengandung sekitar 64 kkal.
  •     Gula merah aren : mengandung sekitar 377 kkal per 100gram Takaran gula aren 1 sdm (sendok makan) mengandung sekitar 58 kkal.

Anjuran konsumsi gula harian adalah tidak lebih 10% dari total kalori (10% x 2000 kkal= 200kkal). Bila mengacu ke data di atas, maka untuk asupan gula pasir disarankan tak lebih dari 50 gram atau takaran 4 sendok makan per hari. Apalagi, teh yang berkualitas rendah biasanya perlu menambahkan gula atau pemanis buatan sehingga memiliki level kemanisan lebih tinggi untuk menutupi rasa asli teh. Sementara, teh otentik berkualitas tinggi justru tampil percaya diri sehingga tidak perlu penambahan apa-apa karena sudah memiliki citarasa nikmat yang selaras dengan manfaat kesehatannya.

Lebih Baik Teh Tawar atau Teh Manis?

Jika meminum teh manis, kebanyakan dari kita hanya mengingat rasa manisnya ketimbang rasa tehnya. Berbanding terbalik jika meminum teh tawar. Kita akan lebih apresiatif terhadap setiap tegukannya.

Selain itu, teh tanpa gula/pemanis buatan, perisa, dan pengawet, tentu relatif lebih aman untuk dikonsumsi secara rutin dalam jangka panjang.

Baca Juga  Indonesia Darurat Diabetes, Yuk Ubah Gaya Hidup Sekarang

Apa Manfaat/Keuntungan Minum Teh Tawar?

Sejumlah manfaat teh tawar secara ilmiah terbukti dengan kandungan senyawa di dalam teh yakni kafein, theanin, dan katekin. Beberapa manfaat dari ketiga komponen ini antara lain:

  • Kafein         : Meningkatkan fokus, stamina, dan kewaspadaan.
  • Theanin     : Efek relaksasi
  • Katekin       : Meningkatkan level antioksidan

Apakah itu artinya jika meminum teh manis ketiga kandungan tersebut tidak didapatkan? Tentu saja tetap didapatkan, hanya saja kita juga akan mendapat tambahan kalori dan pada titik tertentu berisiko terkena diabetes, obesitas atau penyakit akibat kelebihan gula lainnya. [MKT4] 

Apakah Teh Tanpa Gula Bisa Menambah Berat Badan?

Teh tawar bisa menjadi pendamping efektif untuk diet sehat karena mendukung kelancaran proses pencernaan dan rendah kalori. Dikarenakan bebas lemak dan gula tambahan, teh tawar adalah pilihan ideal untuk program penurunan berat badan. Salah satu jenis teh yang cocok untuk diet adalah teh hijau. Ada beragam jenis teh hijau Jepang yang bisa menjadi alternatif diet sesuai preferensimu. Namun demikian, perhatikan juga cara minum teh hijau yang baik guna memaksimalkan khasiatnya, mulai dari memilih teh Jepang berkualitas, menyeduh dengan suhu air yang tepat, dan disajikan tanpa gula. Selain cita rasa daun teh asli tetap terjaga, target berat badan yang ideal pun bukan lagi impian semata!

Bolehkah Minum Teh Tawar Setiap Hari?

Ya, tentu saja boleh! Mengonsumsi teh tawar baik hangat maupun dingin bisa dilakukan setiap hari. Namun, sebaiknya perhatikan jumlah cangkir teh yang dikonsumsi, karena setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap kafein. Batas aman konsumsi teh kira-kira sekitar 3-4 cangkir per hari atau sesuaikan dengan kondisi tubuh.

Baca Juga  Fakta Menarik Seputar Hari Pembentukan Negara Jepang

Itulah sekilas penjelasan seputar kalori teh tawar tanpa gula. Teh tawar adalah pilihan minuman yang rendah nol kalori, cocok dikonsumsi ITOfriENd yang sedang ingin menjaga berat badan dan risiko terkena penyakit tertentu. Dengan hampir tidak ada kalori dalam segelas teh tawar, minuman ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat menyehatkan dengan kandungan antioksidan yang tinggi, katekin, theanin, hingga kafein yang rendah. Jadi, jika ITOfriENd mencari minuman yang menyegarkan tanpa khawatir tentang tambahan kalori, teh tawar adalah pilihan yang tepat!

Mau selalu update tentang teh, budaya Jepang, dan informasi menarik lainnya? Yuk, jangan sampai ketinggalan informasi dengan follow akun media sosial resmi ITO EN di, untuk mendapatkan akses eksklusif ke berita terkini tentang produk terbaru, penawaran istimewa, tips kesehatan, serta inspirasi lainnya yang bisa membantu kamu meraih gaya hidup yang lebih sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *