Ragam Bunga yang bisa Dipadukan dengan Teh

Selama ini bunga seringkali diasosiasikan dengan keharumannya dan keindahannya. Belakangan ini, bunga tidak lagi menjadi kesenangan kaum hawa semata. Di masa kini, pria juga tidak sedikit yang menikmati keindahan bunga dengan menanam & merawat beragam jenisnya di rumah untuk estetika dan melepas kepenatan. Terlebih di masa pandemi ini, adanya himbauan untuk beraktifitas #dirumahaja , kegiatan merawat tanaman menjadi salah satu kegiatan yang jamak dilakukan oleh berbagai kalangan tanpa memandang gender & usia.

Selain untuk dinikmati kecantikannya, sebagian bunga juga bisa dikonsumsi karena kandungan yang baik di dalamnya. Beberapa penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis bunga yang baik dikonsumsi karena kandungannya memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Beberapa jenis bunga ini mempunyai kandungan antioksidan dan nutrisi lain yang sekarang sering dijadikan obat alternatif ataupun herbal. Umumnya, bunga-bunga ini dijadikan teh atau dijadikan bahan dasar teh karena manfaatnya menjadi lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa jenis bunga yang dapat ITOfriENd konsumsi dan rasakan keuntungannya.

Bunga Kamomil
Teh bunga Kamomil tentunya terbuat dari bunga Kamomil yang dikeringkan. Bunga ini berukuran kecil dan kelopaknya berwarna putih. Rasanya sangat khas. Kaya akan antioksidan dan aromanya sangat menenangkan. Inilah manfaat bunga Kamomil bagi tubuh:

  1. Meningkatkan kualitas tidur
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  3. Kandungan antioksidan yang bernama quercetin dipercaya mampu mengendalikan kadar gula dalam darah
  4. Kandungan flavonoid di dalamnya membantu tubuh dalam menyembuhkan berbagai kondisi peradangan seperti bisul, asam urat, nyeri rheumatoid, kulit terbakar, ruam dan gerd
  5. Menghilangkan stres.

Bunga Rosella
Teh Rosella bukan hanya indah dan harum namun banyak pula khasiat di dalamnya. Teh Rosella mampu menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidan yang tidak kalah tinggi dengan bunga Kamomil. Manfaat lain dari bunga Rosella:

  1. Bunga Rosella dipercaya mampu menghambat penyerapan lemak jenuh. Akibatnya dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke
  2. Kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid dalam teh bunga Rosella pada umumnya bekerja membantu tubuh dalam menghambat penumpukkan lemak.
Baca Juga  Teh Tawar: Alternatif Realistis dan Sehat di Tengah Isu Penerapan Cukai Minuman Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK)

Bunga Lavender
Siapa yang tidak tahu keindahan bunga ini? Lavender sudah sangat lama dikenal sebagai salah satu bunga yang memberikan banyak sekali manfaat dan terapi bagi tubuh. Mengonsumsi teh bunga Lavender dipercaya dapat mengurangi stres, kelelahan pada tubuh dan kecemasan. Keuntungan lainnya, yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas tidur. Meminum teh bunga Lavender sebelum tidur dipercaya mampu melancarkan pernafasan dan membuat tubuh jadi cepat terlelap. Sifat aromaterapi dari bunga Lavender merangsang neurotransmitter di otak untuk menurunkan tekanan stres pada tubuh.
  2. Berdasarkan studi, teh bunga Lavender dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan penyerapan mineral di usus

Lavender bukan hanya dijadikan teh namun juga diambil minyaknya sebagai minyak esensial.

Bunga Mawar
Teh mawar adalah minuman seduhan dari kelopak dan kuncup mawar kering. Penelitian terkini menunjukkan bahwa bunga mawar, terutama kuncupnya, kaya akan vitamin C dan phytonutrients yang bersifat antioksidan. Bunga mawar sendiri sejak dulu sudah digunakan sebagai bahan campuran makanan tradisional di negara-negara Timur Tengah, India dan Cina. Teh bunga mawar merupakan bagian dari pengobatan tradisional CIna dengan segudang khasiat. Berikut adalah khasiat untuk kesehatan tubuh kita:

  1. Meredakan sakit perut
  2. Meredakan nyeri haid / kram saat menstruasi
  3. Mengurangi kelelahan dan meningkatkan kualitas tidur
  4. Memiliki efek antikanker dan antiflamasi (peradangan)
  5. Kandungan vitamin C nya yang tinggi mampu membantu meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan kulit.

Bunga Melati
Teh Jasmine atau Teh Bunga Melati sudah menjadi favorit nomor satu bagi banyak orang. Bunga melati sudah lama dipakai menjadi bahan campuran teh. Minuman ini pun sudah ada di China sejak 700 tahun yang lalu. Harumnya sangat lembut, nikmat dan menenangkan. Teh bunga Melati masuk dalam kategori teh sehat karena kandungan antioksidan yang kuat di dalamnya, yang dikenal dengan katekin. Manfaat teh bunga melati juga tidak kalah banyak, seperti:

  1. Mengurangi resiko kanker
  2. Membuat detak jantung menjadi lebih stabil
  3. Meningkatkan energi
  4. Memelihara kesehatan kulit
  5. Menurunkan berat badan
  6. Meredakan stres (efek relaksasi)
Baca Juga  Meriahnya Perayaan Halloween di Tokyo, dari Pamer Kostum Sampai Cosplay Fest

Teh dari bunga apa yang menjadi favorit ITOfriENd? Yuk, tinggalkan komen pada kolom komentar di bawah. Apapun teh bunga pilihan kalian, kami anjurkan kalian meminumkan tanpa campuran gula atau pemanis lainnya yah! Karena, tanpa kehadiran gula, kalian bisa lebih peka dan lebih merasakan cita rasa alamiah dan unik dari masing-masing bunga. Juga dari sisi kesehatan, mengurangi minuman manis-manis akan mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit degeneratif lainnya seperti diabetes dan obesitas. Idealnya, kita ingin tambah sehat dengan minum teh bunga di atas, tanpa harus mengundang penyakit lainnya khan?

Bagi kalian yang sibuk/tidak punya waktu untuk menyeduh teh bunga, kalia bisa cobain minuman kemasan (RTD = Ready-To-Drink) teh hijau bunga melati dari ITO EN yang menyehatkan. Menyehatkan karena tanpa gula, tidak manis, dan seduhan langsung dari daun teh dan bunga melati asli tanpa diperkuat oleh perisa buatan (artificial flavor). Meskipun tawar, rasanya yang segar dan nikmat akan bikin kalian ketagihan, karena ITO EN memang ahlinya racik-meracik teh TAWAR. Info lebih lanjut tentang teh hijau bunga Melati (Unsweetened Jasmine Green Tea) dari ITO EN ini bisa ITOfriENd dapatkan melalui link ini https://itoen-ultrajaya.co.id/our-tea/jasmine-tea/ . Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *