Yuk, Kelola Berat Badan secara Sehat dan Berkelanjutan!

Mengelola berat badan adalah salah satu langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup. Namun, tidak sedikit orang yang memilih cara instan dan tidak sehat demi mencapai berat badan ideal. Ternyata cara instan ini tidak direkomendasikan karena dapat merusak kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mengelola berat badan secara sehat dan berkelanjutan. Simak tips yang bisa kamu terapkan berikut ini, yuk!

1. Menetapkan Tujuan yang Realistis

Menurut Klik Dokter , langkah pertama dalam mengelola berat badan adalah menetapkan tujuan yang realistis. Penurunan berat badan yang sehat adalah sekitar 0,5 hingga 1 kilogram per minggu. Tujuan yang terlalu tinggi bisa membuat kamu merasa terbebani dan berpotensi menyebabkan frustasi, lho. Sebaliknya, tujuan yang realistis dan tercapai secara bertahap akan memberimu motivasi.

2. Menerapkan Pola Makan Seimbang

Saat melakukan program pengelolaan berat badan, kalian harus memperhatikan asupan nutrisi ya!. Menurut halodoc.com untuk menjaga berat badan, kita harus pastikan asupan makanan kamu mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral dalam proporsi yang tepat, yaitu kurangi karbohidrat dan perbanyak sisanya. Kurangi konsumsi makanan olahan dan tinggi gula, serta perbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan protein tanpa lemak agar kamu tetap sehat. Kamu bisa coba langka-langkah mengurangi gula di sini, lho!

3. Mengontrol Porsi dan Durasi Makan

Mengontrol porsi makan adalah cara efektif untuk mengurangi asupan kalori tanpa harus menjauhi makanan favorit kalian. Langkah-langkah untuk mengontrol porsi makan menurut Prodia antara lain adalah dengan menggunakan piring yang lebih kecil untuk membantu mengontrol porsi, makan perlahan, dan hindari makan langsung dari kemasan. Luangkan waktu untuk menikmati makanan secara perlahan, karena tubuh memerlukan waktu untuk memberi sinyal kenyang ke otak. Oleh karena itu, makan secara perlahan bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama, lho!

4. Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik berperan penting dalam mengelola berat badan dan menjaga kebugaran tubuh. Menurut Halodoc, kita bisa memulai dengan berolahraga minimal 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau aktivitas fisik lainnya. Selain membantu membakar kalori, olahraga juga meningkatkan metabolisme dan memperbaiki mood. Berat badan kamu tidak akan langsung turun drastis, tetapi akan menjadi lebih stabil.

5.Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau bisa menjadi salah satu minuman yang dikonsumsi untuk membantu kamu mengelola berat badan. Dalam salah satu artikel ITO EN, dijelaskan bahwa teh hijau telah lama menjadi salah satu bagian diet tradisional yang dilakukan di Jepang. Ini disebabkan oleh kandungan dalam teh hijau yang mampu membakar lemak dan mempercepat metabolisme tubuh. Pastikan teh hijau yang kamu konsumsi tidak mengandung gula atau pemanis, ya! Kamu bisa pilih varian teh hijau dari ITO EN  yang unsweetened dan zero calories agar lebih sehat.


Selain 5 tips di atas, jangan lupa untuk menerapkan tidur yang cukup dan berkualitas, ya! Kamu juga boleh memantau progress secara berkala, tetapi hindari obsesi terhadap angka di timbangan. Dengan menetapkan tujuan yang realistis, menerapkan pola makan seimbang, mengontrol porsi, rutin berolahraga dan mengonsumsi teh hijau, kamu bisa mencapai dan mempertahankan berat badan ideal dengan cara yang sehat. Jadi mulai sekarang, yuk kelola berat badan secara sehat!

Baca Juga  Musim Gugur Akan Tiba, Ini 5 Kuliner Khas Jepang yang Pas untuk Kamu Coba

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *