pexels.com

Jadi Lebih Produktif, Manfaat Teh Berikut Ini Bisa Bantu Kamu Lebih Fokus Kerja

Teh telah lama dikenal sebagai salah satu minuman kaya manfaat. Banyak orang yang menjadikan minum teh sebagai bagian dari gaya hidup sehat ataupun “ritual” untuk melepas penat. Menariknya lagi, manfaat teh ternyata tidak hanya terbatas pada manfaat kesehatan. Minum teh secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kinerja otak.

1. Membantu otak tetap waspada
Mata mengantuk tapi pekerjaan masih menumpuk? Inginnya minum kopi tapi takut nanti sulit tidur? Kalau kamu punya dilema seperti ini, teh bisa jadi solusi. Meski tidak sekuat kopi, teh juga bisa membantu otak agar tetap on.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Psycopharmology, kandungan kafein dalam teh dapat membantu otak agar tetap waspada. Namun beda dengan kopi, kandungan kafein di dalam teh jauh lebih rendah. Jadi kalau kamu punya masalah asam lambung, teh relatif lebih aman.

2. Meningkatkan fokus saat bekerja
Selain membuat otak tetap waspada, kandungan kafein di dalam teh juga bisa membantu kamu agar tetap fokus. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neuropharmacology membuktikan hal tersebut.

Dalam penelitian tersebut, mengonsumsi teh setiap hari dapat membantu meningkatkan konsentrasi sekaligus membantu mengatasi kelelahan.

3. Meningkatkan daya ingat
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Prof. Christoph Beglinger dari University Hospital of Basel dan Prof. Stefan Borgwardt dari Psychiatric University Clinics, ditemukan kalau teh ternyata bisa membantu meningkatkan efektivitas konektivitas otak yang berpengaruh pada kemampuan kognitif, khususnya daya ingat.

Jika kamu sulit berkonsentrasi dan sulit mengingat, minum teh secara teratur bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

4. Membantu memperbaiki mood
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh secara rutin dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki mood. Dalam salah satu penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food Quality and Preference, ditemukan bahwa minum teh di sela-sela pekerjaan dapat membantu memperbaiki mood dan membuat pikiran lebih tenang.

Baca Juga  Dari Lucu Sampai Menggemaskan, Ini 5 Maskot yang Akan Bikin Kamu Meleleh

Efek tersebut disebabkan oleh kafein dan theanine yang terkandung di dalam teh. Namun bukan hanya minuman teh saja yang membuat mood jadi lebih positif, proses membuat teh juga membantu menenangkan pikiran dan melepas stres sejenak.

5. Meningkatkan motivasi kerja
Teh juga bisa membantu meningkatkan motivasi kerja. Ada sebuah penelitian yang dilakukan atas inisiasi salah satu produsen teh kemasan untuk mencari korelasi antara kebiasaan minum teh dengan motivasi kerja.

Dalam penelitian yang dilakukan di Belanda dengan melibatkan 150 partisipan, orang yang minum teh secara rutin menunjukkan antusiasme lebih tinggi dalam menyelesaikan permasalahan dibandingkan partisipan yang hanya minum air putih. Selain itu, partisipan yang rutin minum teh juga lebih cepat merespons saat dihadapkan pada permasalahan yang rumit.

6. Meningkatkan kreativitas
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food Quality and Preference, tim peneliti yang dipimpin oleh Suzanne Einother menemukan bahwa ada kaitan antara kebiasaan minum teh dengan kreativitas dalam bekerja.

Dalam penelitian tersebut, partisipan yang rutin minum teh cenderung lebih kreatif dalam mengatasi masalah. Kemungkinan, kandungan kafein dan theanine dalam teh menjadi salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut.

Pada akhirnya, minum teh secara rutin terbukti ampuh bantu menjaga kesehatan tubuh. Di sisi lain, teh juga bagus untuk membantu meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Meski demikian, cara kamu minum teh juga punya peran besar dalam meng’ekstrak’ semua manfaat di atas. Proses membuat teh dan rasa yang dihasilkan juga punya andil besar dalam membantu meningkatkan produktivitas kerja. Apapun cara dan jenis teh yang kamu pilih, yang terbaik tetaplah minum teh tanpa penambahan gula.

Bagi kamu yang tidak suka ribet & ingin solusi yang lebih praktis? ITO EN punya beragam pilihan produk teh kemasan siap minum (Ready-To-Drink tea) tanpa gula yang aman & bisa kamu konsumsi rutin setiap hari.

Baca Juga  Negara Mana yang Menemukan Teh Pertama Kali? Cek Sejarahnya Yuk!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *