Kandungan Teh Apa Saja Selain Antioksidan Ternyata Banyak, Lho! (1)

Kandungan Teh Apa Saja? Selain Antioksidan Ternyata Banyak, Lho!

Teh sudah lama menjadi minuman yang populer di dunia, tidak hanya karena rasanya saja yang lezat, namun karena manfaat teh yang baik untuk kesehatan. Sudah menjadi rahasia umum, kalau teh memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Pada kesempatan kali ini, ITOfriENd akan kami ajak untuk mengetahui informasi lebih jauh tentang kandungan apa saja yang terdapat dalam secangkir teh. 

1. Antioksidan yang Tinggi Dalam Teh

ITOfriENd pasti sudah tahu kalau teh mengandung antioksidan tinggi di dalamnya. Menurut Alodokter, antioksidan sendiri dikenal sebagai senyawa yang dapat membantu tubuh untuk melawan dan mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Antioksidan ini terkandung di dalam zat katekin yang terdapat pada daun teh.

2. Kandungan Kafein yang Cukup Rendah

Kafein termasuk ke dalam bahan alami yang memang sudah ada hampir di seluruh tanaman. Kafein merupakan zat yang memiliki fungsi untuk merangsang aktivitas pada sistem saraf pusat di otak untuk menjaga agar tubuh tidak mudah lelah. Kandungan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan kecemasan berlebih, karena itu lebih baik mengonsumsi kafein dalam porsi yang cukup (rendah).

Teh jadi salah satu tanaman yang mengandung kafein namun masih dalam kategori rendah. Jadi dibandingkan membuat cemas, mengonsumsi teh saat pagi ataupun malam hari dapat membantu tubuh untuk rileks.

3. Polifenol

Polifenol merupakan salah satu zat antioksidan yang terkandung dalam teh. Ada beberapa jenis polifenol yang biasanya ditemukan dalam tanaman seperti asam fenolik, flavonoid, dan amida polifenol. Namun, jenis polifenol yang biasanya ditemukan dalam teh adalah flavonoid dan katekin.

4. Asam Amino

Asam amino merupakan senyawa yang berguna untuk membentuk protein di dalam tubuh. L-Theanin menjadi salah satu jenis dari asam amino yang terkandung di dalam teh. L-Theanin dikenal dengan kemampuannya dalam melindungi sistem saraf dan menjaga kekebalan tubuh. Tetapi, masih banyak lagi manfaat lainnya dari L-Theanin yang baik bagi kesehatan. Manfaat lain dari L-Theanin adalah efek relaksasi & meningkatkan kualitas tidur. Penelitian menunjukan L-Theanine dapat meningkatkan relaksasi tanpa rasa kantuk sehingga banyak orang menggunakan terapi ini untuk mengurangi stres dan bersantai.

Baca Juga  Dari Sushi hingga Dorayaki, Mencicipi Lezatnya 5 Kuliner Jepang Paling Populer di Tanah Air

ITOfriENd yang mengalami kesulitan tidur juga dapat menjadikan teh hijau sebagai solusi. Mengonsumsi 400mg – 900mg kandungan L-Theanine setiap hari dalam 8 minggu dapat meningkatkan kualitas tidur tanpa adanya insomnia. Peneliti juga menunjukan L-Theanine dalam teh hijau dapat memberikan relaksasi dengan mengurangi denyut jantung saat beristirahat.

Manfaat Minum Teh Setiap Hari, Apakah Baik?

Manfaat Minum Teh Setiap Hari, Apakah Baik?

  • Terhindar dari Radikal Bebas

Antioksidan yang terkandung dalam teh cukup tinggi, yang membuat manfaatnya jadi lebih banyak. Antioksidan membuat tubuh terjaga dari paparan radikal bebas yang ada di lingkungan, yang bisa memicu penyakit kronis. Karena itu, mengonsumsi teh dalam jumlah yang cukup membantu untuk mengurangi resiko terkena penyakit kronis seperti kanker.

  • Meningkatkan dan Menjaga Fungsi Jantung

Kandungan antioksidan polifenol dalam teh dapat membantu untuk menjaga dan meningkatkan fungsi jantung. Dengan mengonsumsi teh, ITOfriENd dapat mengurangi resiko penyakit pada kardiovaskular.

  • Sebagai Anti-Inflamasi

Teh bisa berperan sebagai anti-inflamasi di mana mampu mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

  • Membantu Menenangkan Diri dan Pikiran

Kandungan L-theanine (asam amino) yang ada pada teh mampu membantu pikiran menjadi lebih tenang. Mengonsumsi teh dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks dan meredakan perasaan tegang.  Selain itu, teh juga mampu meredakan dan menurunkan stres yang seringkali dialami kebanyakan orang.

  • Fungsi Otak Meningkat

Minum teh dapat membantu untuk membuat fungsi otak menjadi lebih meningkat. Kandungan kafein dan asam amino dalam teh mampu meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi.

Berapa Kali Minum Teh yang Baik?

Berapa kali minum teh yang disarankan agar dapat bekerja optimal dalam menjaga kesehatan tubuh? Pada nyatanya, teh masih aman untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, perhatikan porsi teh yang diminum, jangan melebihi 3 cangkir per hari. Jangan tambahkan gula/pemanis buatan agar manfaat seperti menenangkan pikiran, menjaga kesehatan jantung, meningkatnya fungsi kognitif, dan terhindar dari radikal bebas dapat ITOfriENd rasakan secara langsung.

Baca Juga  5 Manfaat Teh Tawar untuk Orang yang Berpuasa

Setiap orang mungkin memiliki perbedaan dalam menerima efek baik dan buruk dari teh. Untuk lebih pastinya, lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui porsi konsumsi teh yang baik.

Nah, ITOfriENd tahu ga kalau orang-orang di Jepang punya kebiasaan unik, di mana mereka selalu minum teh di pagi hari karena dipercaya dapat menyehatkan tubuh, khususnya teh hijau tanpa gula/pemanis tambahan. Dengan menghilangkan gula/pemanis dari teh hijau, manfaat dari teh akan diperoleh sepenuhnya. Ini merupakan salah satu gaya hidup sehat yang banyak dipraktikkan di Jepang.

ITOfriENd bisa juga mengikuti gaya hidup sehat orang Jepang, dengan menikmati teh tanpa penambahan gula/pemanis buatan. Nah, untungnya di Indonesia sudah ada teh tawar sehat dalam kemasan siap minum (RTD) yang bebas gula/pemanis buatan & 0 kalori (unsweetened tea & zero calories) dari ITO EN.

ITOfriENd harus coba teh ITO EN, yang bisa dibeli di berbagai Offline Store dan E-Commerce kesayangan kalian! Ikuti sosial media Instagram, Facebook, X, Youtube, dan Tiktok dari ITO EN Indonesia untuk melihat berbagai informasi menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *