Segudang Kebaikan Teh Hijau

Teh hijau adalah tanaman yang berasal dari tumbuhan bernama Camelia sinensis. Untuk menjaga kualitasnya, teh hijau dipetik dan dilakukan proses pemanasan untuk mencegah terjadinya oksidasi. Sehingga, segala kebaikan teh hijau tetap terjaga saat dikonsumsi.

Teh hijau juga memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya seperti: vitamin B, C, E, kalsium, magnesium, mangan, zinc, dan selenium.

Secara garis besar, khasiat alamiah teh hijau merupakan kontribusi dari 3 zat utama yang terkandung di dalam daun teh. Yang pertama adalah antioksidan polifenol yang disebut katekin – lebih spesifik lagi dikenal juga dengan nama EGCG (epigallocatechin gallateI). Yang kedua adalah asam amino bernama L-Theanine , dan yang ketiga adalah kandungan kafein. Antioksidan sendiri memiliki peranan yang sangat penting di dalam tubuh kita dalam meregenerasi dan menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan banyaknya penyakit berbahaya.

ITOfriENd dapat membaca ‘Trilogi’ kebaikan kandungan teh hijau dengan lebih terperinci lagi pada artikel-artikel ini:

Bagi ITOfriENd yang baru saja mulai dan ingin tahu lebih dalam mengenai kebaikan teh hijau secara umum, bisa simak segudang manfaat teh hijau berikut ini:

Menjaga Kecantikan

Tidak sedikit artis lokal hingga mancanegara memilih mengonsumsi teh hijau karena segudang manfaat untuk wajah. Ekstrak teh hijau sudah banyak dipakai sebagai salah satu komposisi dalam produk perawatan wajah seperti serum, pelembab, masker wajah, hingga krim wajah. EGCG pada teh hijau memiliki kemampuan sebagai tabir surya alami yang dapat melindungi kulit dari sinar Ultraviolet. Kandungan vitamin C dan E di dalam teh hijau juga dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen. Zat ini merupakan protein penting dalam menjaga elastisitas kulit. Tidak heran ekstrak teh hijau dalam produk kecantikan dapat mengatasi masalah kulit seperti noda hitam, keriput pada wajah dan kulit kusam.

Baca Juga  Tips Mengatasi Masalah Pencernaan dengan Pola Makan Sehat

Katekin EGCG dalam teh hijau memiliki sifat anti bakterial, membantu keseimbangan hormon dan anti inflamasi khususnya bagi ITOfriENd yang memiliki masalah kulit seperti jerawat. Bahkan sebuah penelitian tahun 2012 yang diterbitkan oleh Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa, EGCG dapat memodulasi molekuler intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

Fungsi Pelangsing

Teh hijau pada awalnya terkenal bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena teh hijau disinyalir dapat memecahkan lemak tubuh agar mudah dikeluarkan. Selain itu teh hijau mampu memelihara metabolisme tubuh dan menghilangkan lemak abdominal. Lemak abdominal adalah lemak berbahaya yang dapat mengakibatkan peradangan dalam tubuh, resistensi insulin dan penyakit jantung.

Melawan Penyakit Kronis

Kandungan antioksidan yang kaya di dalam teh hijau berperan dalam melawan penyakit kronis seperti kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker usus. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi teh hijau memiliki resiko 42% lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Buat ITOfriENd yang ingin terhindar dari penyakit jantung dan kardiovaskular, juga dapat mengonsumsi teh hijau secara rutin karena zat antioksidan dalam teh hijau membantu melindungi partikel LDL dari oksidasi.

Menjaga Fungsi Otak

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa minum teh hijau secara rutin mampu meningkatkan kerja kognitif otak manusia, serta menambah daya konsentrasi dan daya ingatan. Diduga khasiat baik untuk otak ini berkat kandungan L-Theanine dan kafein di dalam teh hijau.

Karenanya, tidaklah mengherankan bila perusahaan teh hijau ITO EN America banyak menjual minuman teh hijau tawar brand OI OCHA yang terkenal itu ke kantin-kantin karyawan perusahaan hi-tech di Silicon Valley seperti Google, Facebook, Yahoo. Perusahaan-perusahaan tersebut tentu bisa menikmati produktifitas tinggi dari karyawannya selepas makan siang, yang biasanya timbul rasa kantuk akibat kenaikan mendadak dari asupan gula ke dalam tubuh. Efek ini bisa diminimalisir dengan khasiat teh hijau untuk optimalisasi kinerja otak ini.

Baca Juga  7 Fakta Menarik Seputar Sumpah Pemuda

Kesehatan Mental

Bukan hanya untuk kesehatan fisik, teh hijau juga baik untuk kesehatan mental ITOfriENd. Kandungan L-Theanine dalam teh hijau memberikan efek tenang dan rileks pada tubuh.

Agar ITOfriENd mendapatkan manfaat kesehatan di dalam teh hijau secara maksimal, pastikan bahwa kalian menyeduhnya dengan benar serta TIDAK menambahkan gula ke dalam olahan teh hijau yang akan dikonsumsi. Bagi kalian yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menyeduh teh hijau, minuman sehat teh hijau tawar dari ITO EN Indonesia OI OCHA bisa menjadi solusi yang tepat dan praktis. Segudang kebaikan teh hijau yang ditulis di atas sudah tersedia di dalam OI OCHA dan tentunya minuman ini tidak pakai pengawet, perasa tambahan dan pemanis. Jangan lupa untuk cek dan visit koleksi produk kami yah di Instagram dan Facebook !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *