www.pexels.com/@iamtrangdoan

5 Panganan yang Baik untuk Detoksifikasi

Percaya tidak percaya, di dalam tubuh kita terdapat organ-organ yang bekerja sangat keras untuk proses detoksifikasi setiap hari. Apakah sahabat ITOfriENd tahu? Misalnya saja organ hati. Hati diakui sebagai organ utama dalam proses detoksifikasi karena memiliki lebih dari 500 fungsi, salah satunya menyaring darah dan menonaktifkan racun termasuk panganan yang kita konsumsi, obat-obatan dan hormon yang diproduksi secara berlebih. Limbah ini akan dibuang melalui ginjal atau saluran pencernaan.

Organ berjasa berikutnya adalah ginjal. Organ ini mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Ginjal memiliki peran dalam mengatur tekanan darah dalam tubuh. Serupa dengan hati, ginjal juga bekerja menyaring darah dan membuang limbah (seperti urea, obat, bakteri) melalui urin.

ITOfriENd harus lebih seksama dalam memilih makanan dan minuman agar tubuh tetap sehat, seimbang dan bekerja dengan optimal. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi pangan yang baik versi ITO EN untuk menjaga organ hati dan ginjal, dengan kata lain untuk membantu tubuh dalam proses detoksifikasi racun.

Sayuran Jenis Brassica dan Sayur Hijau
Sayuran hijau sering kali menjadi makanan yang dihindari bagi anak-anak termasuk dewasa karena rasa, tekstur dan baunya yang kurang disukai. Padahal sayuran hijau memiliki peran yang sangat penting dalam proses membantu tubuh untuk melakukan pembuangan racun karena mengandung klorofil dan serat yang tinggi. Sayur sendiri memiliki sifat anti kanker, anti radang dan anti viral. Menurut anjuran WHO, asupan sayur yang direkomendasikan adalah 2 porsi (cup) per harinya, bisa didapat melalui brokoli, kembang kol, kubis, pokcoy, dan sayur hijau lainnya.

Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel organ hati dan ginjal. Menurut studi Epidemiology, Biomarkers and Prevention pada tahun 2007 menemukan bahwa teh hijau dapat membantu tubuh dalam meningkatkan enzim untuk detoksifikasi sehingga dapat mencegah terjadinya kanker.

Baca Juga  5 Tradisi Unik Perayaan Idulfitri di Beberapa Negara

Blueberry
Selain rasa yang enak dan lezat, si kecil ini memiliki nutrisi yang sangat tinggi dan juga kaya akan antioksidan. Hasil penelitian terkini menunjukkan adanya indikasi bahwa Blueberry juga mampu meningkatkan aktivitas NK (Natural Killer) cells pada tubuh. Sel NK ini memiliki fungsi mengendalikan penyebaran sel-sel tumor dan kanker.

Alpukat
Alpukat menjadi salah satu pangan rekomendasi ITO EN karena kandungan antioksidan yang tinggi dan juga memiliki kandungan asam lemak yang dapat melindungi hati dari d-galactosamine, racun kuat yang dapat menyebabkan kerusakan dan kematian sel hati.

Bit
Buah berwarna merah pekat ini juga menjadi penolong terbaik bagi organ hati dalam proses detoksifikasi. Studi menemukan bahwa kandungan antioksidan di dalamnya dapat mengaktifkan enzim spesifik pada tubuh dalam proses pembuangan racun.

Selain jenis pangan yang sehat, ITOfriENd juga harus tetap rutin berolahraga dan mengelola stres dengan baik ya! Don’t worry be happy!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *